eBaroroh

Just Enjoy and Feel the Game

Berbagi atau Pamer????

Yap,judul di atas adalah suatu judul yang sangat mengganggu di otak saya. kenapa saya pilih judul tersebut karena fenomena jejaring soial mulai dari facebook,instagram,twitter,path,foursquare,dan kawan-kawannya. Di jejaring sosial tersebut semua orang bisa berbagi atau pamer mulai dari lokasi dia dimana berada, foto-foto dengan artis/pejabat, atau foto-foto di belahan dunia yang lainnya,semuanya bisa dibagi/dipamerkan.

Jadi berbagi atau pamer??? saya sendiri tidak tahu karena yang tahu hanya orang yang berbagi/pamer dengan Tuhannya. Kenapa saya bilang seperti itu?? karena fenomena berbagi/pamer ini sudah sangat sering kita jumpai. Ketika saya melihat sebuah postingan baru tentang foto-foto seseorang di luar negeri, hal tersebut sangat membuat iri saya, saya iri dengan orang tersebut karena dia bisa ke sana, dan saya juga harus merasakan hal yang sama. Hal tersebut memacu saya untuk menabung dan mencari tiket murah agar impian itu terwujud. Dalam hal ini bisa dibilang orang tersebut mungkin niatnya berbagi, dalam arti berbagi kepada siapapun bahwa tempat yang dikunjungi sangat menarik dan semua orang bisa ke sana dengan mudah dan murah. Tetapi bisa juga berniat pamer, menunjukkan bahwa dia bisa jalan-jalan ke tempat tersebut, tidak hanya satu tempat tapi berbagai tempat, istilah jakartanya *liat neh gue udah di paris,udah di london,udah kemana-mana, loe bisanya kemana?? paling mentok juga di indonesia ini*. Atau bisa juga pamer supaya dipuji kalayak rame di teman-teman *wiiiidiih ke luar negeri jalan2nya* ataupun pujian2 yang lainnya. Dan pujian itu sifatnya candu seperti rokok, sekali kita menerima banyak pujian,membuat kita semakin banyak untuk berbagi/pamer, sampe hal yang sangat kecilpun akan dibagi/pamer. Ibaratnya yang berbagi/pamer adalah artis pendatang baru dan yang pemberi pujian adalah fansnya :lol:.

Kembali lagi, jadi berbagi atau pamer??? saya sebagai pembaca atau pengamat hanya bisa berprasangka baik bahwa yang dilakukannya adalah sebuah berbagi bukan pamer. Namun kadang-kadang saya jengah juga apabila berbaginya terus menerus, setiap aktifitas yang dilakukan dibagi semuanya menunjukkan bahwa dia eksis?? atau pengen sebuah pencitraan??? atau niatnya pamer??? Sekali lagi berbagi dan pamer itu beda tipis hanya dia dan tuhannya yang tahu.

Tak usahlah kou berlebihan dalam berbagi/pamer, ke-exisan khan tidak bakalan abadi. Lebih baik meniru ilmu padi,” Semakin berisi semakin merunduk” klo memang berisi tak perlu itu berbagi/pamer yang berlebihan, tak perlu itu berbagi/pamer di media sosial tiap waktu tiap hari tiap aktivitas, cukup disimpan, dan akan dibagi kepada yang memerlukan 😀

Ngomong-ngomong soal berbagi/pamer, saya menulis ini niat saya untuk mencurahkan isi di kepala tentang fenomena itu, dan mengutip petuah kakak saya,” sebagai orang yang berbelajar harus bisa menulis karena menulis adalah salah satu dari wujud berbagi”. Jadi apabila yang baca menganggap saya pamer yah silahkan 😆

salam senyum 😀

Single Post Navigation

7 thoughts on “Berbagi atau Pamer????

  1. eva evriliani on said:

    Hehe setuju banget sama tulisannya ini,pamer sm berbagi itu emang 11 12,makany suka enek n muak klo buka2 beranda di fb,isinya org pamer n pencitraan semua,udh kyk dagelan lama2 isi fb drpd nambah dosa n ngedumel ga jelas makany fb sy nonaktifin #jgn2 saya kyk gtu jg ya:),tp kadang2 org2 yg pamer or berbagi di fb itu bisa jg krn pengaruh dr tmn2 fbnya,jd ikut2an eksis deh,ga tau jg si,trgantung masing2 niat n tujuannya,tp bagi sy yg nyinyir ya nilaii mrk pamer hehe,ada jg yg paling bikin males,suaminy posting poto dia sm istrinya ato posting2 yg laen,nanti istrinya komen n akhirnya mrk saling komen,kyk pamer keluarga bahagia gtu deh,ato ada jg org laen yg komen tp ya masi keluarganya jg,suka ngakak bacanya #sebel tp dibaca jg haha #kepo,ya sudlah drpd sy nambahin dosa sy mending sy tutup akun fb sy:)

    • hehhehhe, yah kembali ke niatnya masing-masing sih mbak, itu termasuk berbagi apa pamer 😀
      klo saya fb gak saya tutup soalnya hanya dari fb bisa ketemu temen2 baru atau temen2 lama,buat nambah temen sapa tahu bisa jadi saudara, cuman saya setting agak lebih private sih dimana wall saya tidak bisa dicorat-coret orang lain,hanya saya sendiri, saya isi untuk share quote atau info yang bermanfaat,jadi biar bisa dibaca banyak orang, untuk foto jarang banget ngupload karena emang internetnya kurang oke di sini,hahhahha.Untuk status klo lagi mood aja nulis, karena saya moody jadinya lebih banyak berkicau di twiiter daripada ganti2 status di facebook,sometimes its annoying klo menurut saya 😀

      salam kenal dan salam senyum
      -im eric and im gilr-

  2. Tak usahlah kou berlebihan dalam berbagi/pamer, ke-exisan khan tidak bakalan abadi. Lebih baik meniru ilmu padi,” Semakin berisi semakin merunduk” klo memang berisi tak perlu itu berbagi/pamer yang berlebihan, tak perlu itu berbagi/pamer di media sosial tiap waktu tiap hari tiap aktivitas, cukup disimpan, dan akan dibagi kepada yang memerlukan

    >> mantapppp hahaha. ketohok nih aku. trims ya. postingannya aku link, boleh kan?

  3. Pingback: Menjaga hati baik sebagai PENULIS maupun PEMBACA « .ndutyke.

  4. Hi Eric…salam kenal….Nama kita sama….:-)

Leave a Reply

judiantology.

..of koffein, of travelore, of miscellany loveness..

Setapak Aksara

Kalau Kau Merasa Miskin, Jalan-Jalanlah!

CHINESE GOVERNMENT SCHOLARSHIP

Your Guide to Chinese Government Scholarship

Jomblo Traveller betina

Travelinglah selagi Jomblo - Jomblolah selagi Traveling

Jejak Kaki

Catatan Perjalanan Dan Informasi Wisata

Travel "X"

Adrenalin, Survival, Dan Sedikit “Kenakalan”

it's.... just a note

Just another WordPress.com weblog

nya's sweet escape

Just a (not too) Personal Diary

ndu.t.yke's life

{while & after sydney}

Crazy Cosmulator

perspective of a mad cosmetic formulator

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

today tomorrow

because life is about looking forward to the future

Kisyani's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Gadis, Gadis, Wanita

ternyata saya tidak sendiri!

Wonder To Wander

The Life of A Student of the Universe

indonesia360derajat

I read. I travel. I photograph.

