eBaroroh

Just Enjoy and Feel the Game

June 7th – Peduli

Tadi pagi saya membaca percakapan di group tentang postingan seseorang di facebook (sosial media yang terkenal)  tentang sampah di semeru.  Isi postingannya kurang lebih seperti ini “kita membayar mahal tiket masuk 22.5k rupiah/orang, per hari pengunjung semeru kurang lebih 500 orang jadi pemasukan 11250k rupiah, jadi wajar dunks buang sampah seenaknya, khan tiket masuk untuk biaya kebersihan”.  Komentar saya pertama baca seperti itu rasanya miris, miris benar-benar miris, ketika semuanya dihargai dengan uang.  Semakin trenyuh lagi adalah ketika saya mengemukakan pendapat kepada rekan kerja dengan entengnya dia menjawab, “lah khan dia digaji buat nganterin”.  Hello, sopir juga manusia woiii, butuh istirahat. Ketika semuanya dibayar dengan uang yah jadinya seperti ini. Tidak ada rasa kepedulian 😠😩😩😪😓:|

Sang Pencipta menciptakan alam semesta ini tidak bisa digantikan dengan uang, kok dengan entengnya mereka bilang seperti itu yak?.  Apakah tidak terbersit di pemikiran mereka bahwa ketika alam semesta ini rusak akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan biaya yang tidak sebanding dengan tiket yang kamu bayar kapan.  Apakah hanya karena fenomena film, sosial media, eksistensi, tenar, butuh pujian, jadinya kita semua berfikiran sempit?. Jujur saya juga pernah berpikiran seperti itu, hal yang simpel yang pernah saya kemukakan adalah ketika saya buat sampah sembarangan, “santai nanti pasti ada tukang sampah/yah setidaknya kita ngasih pekerjaan ke orang yang membutuhkan”. Namun saya sadar itu adalah hal yang sangat egois, dimana sebenarnya adalah kemalasan yang membuat kita seperti itu sehingga kita lebih suka excuse, aka ngeles, alias menghindar dari tanggung jawab yang sangat kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Tetapi itu dulu, semenjak saya suka hunting tiket untuk nyasar di negeri orang saya lebih banyak belajar. Sedikit demi sedikit berubah agar lebih sedikit peduli dengan sekitar saya, salah satunya tadi yah sampah. Bahkan saya bisa marah kepada siapapun apabila berkendara membuang sampah seenaknya *terlalu banyak makan otak jadinya otaknya kopong 😝😝*, berusaha menyalurkan perubahan tersebut dengan orang sekitar yah meskipun saya dianggap galak :):).

Yah mungkin orang lain tidak meliat perubahan saya, tetapi saya bisa merasakan sendiri perubahan tersebut. Alhamdulillah :).  Selain itu, saya juga sedikit berubah dalam memahami orang. Berdasarkan pengalaman bertemu orang dan stranger, saya lebih woles dan lebih pemaaf.  Pemaaf kepada diri saya sendiri dan orang lain. Dan lebih sering menertawakan diri sendiri untuk lebih rileks. Oleh sebab itu saya jengkel ketika teman saya bilang seperti itu. Tidakkah dia sedikit memahami orang tersebut, serta kondisi di sekitar dia? Hanya karena egoisannya karena tidak mampu bangun pagi kemudian dia memaksakan orang lain untuk menuruti egonya?. Malas saya berdebat dengan orang seperti itu karena saya hanya teman biasa dan orientasi dia semua bisa diselesaikan dengan uang.  Mending saya mengalah saja,  dan semoga saya tidak seperti dia, dimana dia merepotkan orang lain dan selalu mengorientasikan dengan uang. “Yah khan dia driver, itu khan tugasnya lagian nanti dia dapat uang jalan”. Driver juga punya keluarga, driver juga butuh istirahat kali. Justru berbahaya memaksakan driver untuk mengemudi karena nyawa penumpang berada di tangannya.

Indah mungkin di dunia ini klo sesama manusia saling peduli tanpa meliat ras, suku, agama, pekerjaan, dll. Sedikit saja rasa kepedulian di lingkungan sekitar kita mungkin bisa membuat hidup ini nyaman, aman, dan tentram. :):):):)

Single Post Navigation

2 thoughts on “June 7th – Peduli

  1. Muthe on said:

    Makanya ada lagu “imagine” wkwkwk. Tapi iya, saya rasa egois sekali orang2 yang merasa sudah punya uang dan seenaknya saja berpikir semua selesai ketika sudah ada transaksi.

Leave a Reply

judiantology.

..of koffein, of travelore, of miscellany loveness..

Setapak Aksara

Kalau Kau Merasa Miskin, Jalan-Jalanlah!

CHINESE GOVERNMENT SCHOLARSHIP

Your Guide to Chinese Government Scholarship

Jomblo Traveller betina

Travelinglah selagi Jomblo - Jomblolah selagi Traveling

Jejak Kaki

Catatan Perjalanan Dan Informasi Wisata

Travel "X"

Adrenalin, Survival, Dan Sedikit “Kenakalan”

it's.... just a note

Just another WordPress.com weblog

nya's sweet escape

Just a (not too) Personal Diary

ndu.t.yke's life

{while & after sydney}

Crazy Cosmulator

perspective of a mad cosmetic formulator

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

today tomorrow

because life is about looking forward to the future

Kisyani's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Gadis, Gadis, Wanita

ternyata saya tidak sendiri!

Wonder To Wander

The Life of A Student of the Universe

indonesia360derajat

I read. I travel. I photograph.

