eBaroroh

Just Enjoy and Feel the Game

Umroh (yang katanya) Backpacker

Eits jangan salah sangka dulu apabila mendengar nama Umroh diikuti dengan kata Backpacker. Pasti anggapan kebanyakan orang, umroh aka ibadah kok backpacker. Backpacker yang notabene dianggap sebagai traveler kere atau ngirit seperti saya dimana membatasi pengeluaran untuk melakukan travelling. Jadi ketika digabung menjadi umroh backpacker seakan artinya adalah ibadah dengan cara ngirit, padahal ini adalah ibadah, menuju ke rumah ALLAH SWT, Baitullah. Kok kebangetmen pakai ngirit segala padahal juga rezeki dari ALLAH. Itu kata sebagian orang yang belum paham tentang konsep umroh backpacker.

Sebenarnya umroh backpacker tidak jauh beda dengan umroh reguler atau umroh plus+. Hanya mengikuti trend yang sedang hits sehingga menggunakan nama Backpacker :P. Yap, backpacker untuk saat ini adalah kata-kata yang sedang hits. Kenapa sedang hits karena dengan cara backpacker-an semua orang bisa menjelajah dunia. Cara yang seperti apa yang dimaksud dengan backpacker-an. Backpacker apabila dibahasa Indonesiakan adalah orang yang membawa tas punggung/Backpack ketika berjalan. Dimana hanya membawa tas punggung maka identik dengan irit/ kere,padahal sebenarnya harga backpacknya bisa lebih mahal daripada harga tiket. Namun yah itu tadi, seorang yang membawa backpack terkesan lebih lusuh daripada yang membawa koper :P. Seorang backpacker biasanya melakukan berbagai cara untuk menekan budget ketika berjalan-jalan seperti mencari tiket promo dengan begadang semalaman, menumpang menginap di rumah orang di negara/kota yang dituju, berjalan kaki atau menumpang mobil yang sedang lewat. Apapun dilakukan untuk menekan biaya perjalanan. Mungkin orang akan beranggapan – seperti di atas, paragraf pertama- , kok yo kebangetmen tho mau ibadah aja harus melakukan seperti itu, nanti klo ibadahnya gak khusuk piye? Jadinya pahala ibadahnya gak dapat padahal sudah jauh-jauh ke sana.

Padahal apa yang mereka anggap itu kurang benar terhadap umroh (yang katanya) backpacker. Jadi yang membedakan dengan umroh reguler dan umroh ini adalah hanya masalah di tiket. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, seorang backpacker akan rela begadang semalaman demi mendapatkan tiket promo untuk menekan biaya. Nah begitu juga dengan umroh ini, untuk menekan biaya yang lumayan signifikan dibandingkan dengan umroh reguler. Umroh ini diwajibkan untuk membeli tiket terlebih dahulu, biasanya membeli ketika ada promo. Dimana harganya lumayan murah. Seperti yang saya lakukan kemarin, melalui kakak saya sebagai calo :P. Kakak saya sudah membeli tiket terlebih dahulu dengan harga kurang lebih dibawah 6 juta. Sedangkan saya membeli menunggu promo berikutnya mendapatkan tiket seharga 6 jutaan. Lumayan khan selisihnya hampir 1 jutaan. Maskapai yang digunakan adalah Saudia Airlines. Berhubung ini adalah ticket promo dimana ada T & C yang harus dipenuhi salah satunya adalah durasi transit yang lumayan lama.  Dan yang membedakan satu sama lain antar jamaah hanyalah uang tiket ini saja. Sisanya sama saja kecuali klo jamaahnya ingin upgrade penginapan pasti ada biaya tambahannya.

Kemaren saya umroh ini ada plusnya yaitu plus kairo. Kenapa dipilih kairo? karena tiket promonya yang murah adalah terbang dari kairo. Toh tak ada salahnya juga plus kairo supaya saya juga bisa melihat kairo. Ibadah plus plus jadinya. Alhamdulillah. Oiya, tiket promo biasanya start dari Kuala Lumpur bukan dari Indonesia. Tiket saya kemaren, CGK-KUL by Air asia, KUL-JED-CAIRO-JED-CGK by saudia arabia. Alhamdulillah pulangnya langsung menuju CGK jadi tidak perlu bingung bagasi dan sebagainya. Selain plus kairo, kita juga merasakan plus tidur di bandara jeddah karena transit yang lumayan lama :D.

Sesampainya di bandara kairo, jangan kuatir meskipun namanya backpacker, kita dijemput dengan bus dan guide serta diinapkan di Hyatt Cairo samping sungai nill. Di kairo, kita diajak ke tempat wisata, tempat oleh-oleh, makan 3x, bahkan kita juga mengunjungi kota alexandria yang cantik yang ditempuh kurang lebih 5 jam dari kairo. Dan ketika di Madinah, kita dijemput dan dibimbing oleh seorang muttawif yang sudah berpengalaman dalam membimbing ibadah umroh. Selain itu lokasi penginapan juga gampang diingat sehingga tidak mudah tersesat. Di Mekkah juga demikian, hotel yang ditempati lumayan dekat dengan Ka’bah sehingga bisa ditempuh dengan berjalan. Jadi perbedaannya sangat sedikit.

Oiya jangan salah yah, umroh ini jemaahnya dari berbagai umur mulai dari anak SD sampai nenek 80an namun bisa solid dan saling menjaga satu sama lain. Seperti yang saya alami kemaren. Meskipun saya pulang duluan  dan diantara rombongan ada nenek yang umur 80an, tidak ada masalah dan kendala, lancar, alhamdulillah.

Jadi mencoba untuk melakukan ibadah dengan cara ini? Kenapa tidak, khan selisih uangnya bisa dibelikan untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Btw kemaren saya ikut Khafilah Akbar di bawah mbak butet Ubepe. Untuk pertanyaan tentang umroh (yang katanya) backpacker bisa ditanyakan langsung ke beliau.

Total pengeluaran :

  • CGK-KUL by AA : kurang lebih 600rban
  • KUL-JED-CAIRO-JED-CGK by Saudia : kurang lebih 6jutaan *tergantung dapat harga tiket promonya*
  • Mesir = lupa jajan habis berapa anggep aja 100 rb
  • Madinah-mekkah = jajan anggep aja 500 ribu
  • Oleh-oleh kurma dkk = gesek pake kartu beli di bindawood
  • Biaya Visa, akomodasi= 10 juta kurang apabila dikurs di IDR pada saat itu

Sebenarnya seh saya pengen melakukan ibadah umroh atau haji yang benar-benar backpacker dimana saya mengurus sendiri itenarary saya, kecuali visa ke UEA yang tidak bisa diurus sendiri harus melalu agen umroh/haji. Semoga bisa dan diacc oleh ALLAH SWT. Biar gak ribet dalam pengurusan visa karena saya perempuan, jadi saya harus mencari mahramnya dulu 😀 terus pergi deh umroh backpacker dari tempat domisili entah itu Indonesia atau manapun. aamiin

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

judiantology.

..of koffein, of travelore, of miscellany loveness..

Setapak Aksara

Kalau Kau Merasa Miskin, Jalan-Jalanlah!

CHINESE GOVERNMENT SCHOLARSHIP

Your Guide to Chinese Government Scholarship

Jomblo Traveller betina

Travelinglah selagi Jomblo - Jomblolah selagi Traveling

Jejak Kaki

Catatan Perjalanan Dan Informasi Wisata

Travel "X"

Adrenalin, Survival, Dan Sedikit “Kenakalan”

it's.... just a note

Just another WordPress.com weblog

nya's sweet escape

Just a (not too) Personal Diary

ndu.t.yke's life

{while & after sydney}

Crazy Cosmulator

perspective of a mad cosmetic formulator

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

today tomorrow

because life is about looking forward to the future

Kisyani's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Gadis, Gadis, Wanita

ternyata saya tidak sendiri!

Wonder To Wander

The Life of A Student of the Universe

indonesia360derajat

I read. I travel. I photograph.

%d bloggers like this: