eBaroroh

Just Enjoy and Feel the Game

Kota-kotaku

Tema hari ini untuk #30harimenulis #30haribercerita adalah tempat menarik di kotaku,hmmmmm. Jujur agak susah ketika memikirkan tempat menarik di kotaku. Kotaku,dimanakah sebenarnya yang dimaksud? Kota kelahiran,kota tempat tinggal,atau kota yang pernah saya kunjungi? Bingung saya πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…. Klo saya menceritakan semuanya bisa bikin banyak part,heheheheh. Saya akan menceritakan beberapa kota yg menurut saya menarik.

Kotaku yang pertama adalah Surabaya. Saya lahir hingga SMU di kota ini,begitu pula orang tua saya tinggal di sini. Surabaya terletak di pulau Jawa bagian timur, dekat dengan pulau Madura. Berdekatan dengan laut sehingga membuat suhu di kota Surabaya lumayan panas, begitu juga dengan orang-orangnya yang terkenal lebih terbuka aka blak-blakan. Lahir dan besar di sini membuat saya fasih dengan bahasa Suroboyoan yang terkenal dengan cak cuk dan blak-blakan. Sehingga menjadi ciri khas saya hingga saat ini. Selain itu,Surabaya juga terkenal dengan kulinernya yang mengandung petis. Mulai dari rujak cingur,tahu campur,tahu tek, hingga lontong balap. Cocok untuk lidah yang tidak alergi terhadap seafood karena bahan dasar petis adalah udang dan umumnya masakan tersebut cukup pedas.

Ketika saya balik ke kota ini, tempat menarik yang selalu saya kunjungi adalah tempat makan. Salah satu tempat makan yang menjadi favorit saya adalah lontong balap. Ada beberapa tempat salah satunya adalah lontong balap samping kantor pos besar Surabaya yang berlokasi dekat dengan tugu pahlawan. Lokasinya lumayan strategis karena dekat dengan icon kota Surabaya,Tugu Pahlawan. Di dekat Tugu Pahlawan terdapat bangunan lain yang cukup indah untuh di photo salah satunya,gereja katedral, kota tua, serta gubernuran (kantor DPRD provinsi). Biasanya saya selalu mengajak teman saya untuk ke sini,selain menikmati icon Surabaya juga untuk menikmati makanan tradisional,lontong balap. Selain itu saya bisa mampir ke kantor pos untuk membeli perangko 😁😁😁.

Kotaku yang kedua adalah Bandung. Berbeda dengan Surabaya,Bandung terletak di sebelah barat pulau Jawa. Berada di cekungan bekas letusan gunung Tangkuban Perahu membuat suhu di kota Bandung sangat sejuk. Sangat bertolak belakang dengan kondisi kota Surabaya. Awal pertama ketika saya di Bandung,agak shock karena Bandung adalah kota pertama yang harus saya tinggali secara sendirian. Pertama kali jauh dari keluarga di lingkungan yang sangat bertolak belakang. Tidak hanya itu,bahasa pun menjadi kendala. Meskipun sama-sama di Pulau Jawa, namun Bandung mempunyai bahasa yang berbeda. Bukan bahasa Jawa tetapi bahasa Sunda. Oleh karena itu mereka menyebutnya tanah Sunda. 

Saya tinggal di Bandung kurang lebih 6 tahun. Mulai dari kuliah hingga bekerja sebelum dipindah tugaskan kemana-mana. Meskipun saya tinggal di kota ini selama itu,akan tetapi saya tidak jago berbahasa Sunda karena saya masih cinta bahasa suroboyoan saya πŸ˜„πŸ˜‰. Yang menarik dari kota ini adalah banyaknya tempat wisata yang sangat gampang untuk dikunjungi. Selain yang menjadi favorit saya ketika di sini adalah daerah Cihampelas. Di sini, banyak sekali pedagang-pedagang pakaian dan merupakan tujuan wisata. Macet,jangan ditanya. Namun di sini ada tempat nongkrong dan mall yang bernama cihampelas walk. Lokasi Ciwalk – singkatan dari Cihampelas Walk- tak jauh dari tempat saya tinggal, hanya berjalan kurang lebih 10 menit. Kenapa tempat ini menjadi favorit saya, karena di sini saya bisa melihat banyak orang yang berpenampilan menarik. Dengan hanya duduk dan mengamati orang-orang yang berlalu-lalang dengan fashion yang menarik. Yap, Bandung terkenal dengan fashionnya. Berbeda dengan orang surabaya dimana fashionnya sangat monoton bahkan jarang yang memperhatikan penampilan dikarenakn suhu yang lumayan panas. Sedangkan di sini, orang-orangnya sangat modis. Mulai dari bapak-bapak yang memakai celana cutbray, atau ibu-ibu yang memakai sepatu boots dan baju berlayer. Tak jarang,ketika saya penat, saya suka sekali nongkrong di sini. Selain itu di sini juga nyaman untuk tempat nongkrong dikarenakan tempatnya yang sangat rindang sekali. Ah saya kangen duduk diam di sana euy. 

Apa kabar kedua kotaku sekarang yah? Surabaya dan Bandung. Terakhir kali saya pulang ke Surabaya mungkin setahun yang lalu,sedangkan terakhir kali saya ke Bandung sudah beberapa tahun yang lalu. Dua kota yang lumayan berkesan buat saya. Yah meskipun saya belum menentukan tempat dimana saya menghabiskan hari tua nanti, setidaknya dua kota ini sudah membekas di hati saya. Untuk kota-kota yang lain tunggu kedatangan saya πŸ˜‰πŸ˜‰.  

Ah bandung,selalu ngangenin deh. 

Suroboyo, aku kangen cok 

04.06.2017 #30haribercerita #30harimenulis

Single Post Navigation

Leave a Reply

judiantology.

..of koffein, of travelore, of miscellany loveness..

Setapak Aksara

Kalau Kau Merasa Miskin, Jalan-Jalanlah!

CHINESE GOVERNMENT SCHOLARSHIP

Your Guide to Chinese Government Scholarship

Jomblo Traveller betina

Travelinglah selagi Jomblo - Jomblolah selagi Traveling

Jejak Kaki

Catatan Perjalanan Dan Informasi Wisata

Travel "X"

Adrenalin, Survival, Dan Sedikit β€œKenakalan”

it's.... just a note

Just another WordPress.com weblog

nya's sweet escape

Just a (not too) Personal Diary

ndu.t.yke's life

{while & after sydney}

Crazy Cosmulator

perspective of a mad cosmetic formulator

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

today tomorrow

because life is about looking forward to the future

Kisyani's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Gadis, Gadis, Wanita

ternyata saya tidak sendiri!

Wonder To Wander

The Life of A Student of the Universe

indonesia360derajat

I read. I travel. I photograph.

